بسم الله الرحمن الرحيم
Ada sebagian orang menjadi
imam namun mereka tidak dzikir setelah sholat bahkan ada yang berdoa pun tidak
Pertanyaan: bagaimana sebenarnya
hukum dzikir setelah sholat, adakah dalilnya?
Jawab:
Orang yang tidak dzikir setelah
sholat bisa jadi orang karena malas atau tidak hapal. Dzikir setelah sholat
meskipun bukan ibadah wajib namun dzikir itu sunnah karena ada perintah dari
Rasulullah. Banyak sekali dalil yang menunjukkan kesunnahan dzikir setelah
sholat:
Dalam kitab shohihaini (Bukhori &
Muslim)
عن أبي هريرة أنه
قال: جاء فقراء المهاجرين فقالوا: يا رسول الله، ذهب أهل الدثور بالدرجات العُلَى والنعيم
المقيم. فقال: "وما ذاك؟" قالوا: يصلون كما نصلي، ويصومون كما نصوم، ويتصدقون
ولا نتصدق، ويعتقون ولا نعتق! قال: "أفلا أعلمكم شيئًا إذا فعلتموه سبقتم من بعدكم،
ولا يكون أحد أفضل منكم إلا من فعل مثل ما فعلتم؟ تسبحون وتحمدون وتكبرون دبر كل صلاة
ثلاثًا وثلاثين". قال: فقالوا: يا رسول الله، سمع إخواننا أهل الأموال بما فعلنا،
ففعلوا مثله. قال: "ذلك فضل الله يؤتيه من يشاء"
Diriwayatkan
dari Abi Hurairah beliau berkata bahwa orang-orang fakir dari kaum muhajirin
datang kepada Rasulullah dan berkata: “wahai Rasulullah ahluddutsur
(orang-orang kaya) telah pergi dengan derajat yang tinggi dan nikmat yang
tetap.
Lantas
Rasulullah bertanya “apa itu?” orang-orang fakir tadi menjawab: mereka
(orang-orang kaya) sholat sebagaimana kami sholat, mereka puasa sebagaimana
kami puasa, (tapi) mereka bersedekah sedangkan kami tidak dapat bersedekah,
mereka bisa memerdekakan budak dan kami tidak dapat memerdekakan budak.
Lalu
Rasulullah bersabda: “maukah kalian aku ajarkan sesuatu yang kalau kalian
lakukan kalian akan mendahului orang-orang setelah kalian dan tidak ada
seorangpun yang lebih utama dari pada kalian kecuali bila mereka melakukan
seperti apa yang kalian lakukan? Bacalah tasbih, tahmid, dan takbir setiap
selesai sholat sebanyak tiga puluh tiga” lalu orang-orang fakir tadi bertanya
lagi: “wahai Rasulullah, saudara-saudara kami yang kaya telah mendengar amalan
yang telah kami amalkan?” lantas Rasulullah bersabda: “itu adalah anugerah
Allah kepada siapa yang dikehendaki-Nya”
Kiranya
dalil di atas sudah bisa dipahami bagi orang yang berakal sehat, betapa
besarnya pahala yang Allah sediakan bagi mereka yang berdzikir sehabis sholat.
Sedangkan
mereka yang tidak berdzikir ada dua kemungkinan:
1. Karena mereka tidak tahu dalil tentang dzikir setelah
sholat lantas mereka menafikan dan mengatakan bahwa dzikir setelah sholat itu
bid’ah
2. Mereka pernah membaca sebagian riwayat yang menyatakan
bahwa Rasulullah pernah tidak dzikir setelah sholat, akan tetapi sayangnya
mereka tidak pernah belajar lagi. Seandainya mereka mau belajar lagi insya
Allah mereka akan menemukan dalil yang banyak tentang dzikir setelah sholat.
جامع الأصول في أحاديث الرسول - (ج 4 / ص 220)
2195 - (س ) زيد بن ثابت - رضي الله عنه - :قال
: «أُمِرُوا أن يُسَبِّحوا دُبُرَ كلِّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثينَ ، ويَحمَدوا ثلاثا وثلاثِينَ
، ويُكبروا أَربعا وثلاثينَ ، فَأُرِيَ رَجُلٌ مِنَ الأنصار في مَنَامِهِ ، قيل: أَمَرَكُمْ
رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- أن تُسَبِّحُوا دُبُرَ كُلِّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثين،
وتَحمَدُوا ثلاثا وثلاثينَ ، وتُكبروا أَربعا وثلاثين ؟ قال : نعم ، قال : فاجعَلوها
خمسا وعشرين ، واجعلوا فيها التَّهْليل ، فلمَّا أصبَحَ أَتى النبيَّ -صلى الله عليه
وسلم- ، فَذكرَ ذلك لَهُ ، قال :-[221]- فاجعلوها كذلك».أخرجه النسائي .
مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح - (ج 3 / ص
331)
980-(15) وعن زيد بن ثابت، قال: ((أمرنا
أن نسبح في دبر كل صلاة ثلاثاً وثلاثين، ونحمد ثلاثاً وثلاثين، ونكبر أربعاً وثلاثين،
فأتى رجل في المنام من الأنصار، فقيل له: أمركم رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أن
تسبحوا في دبر كل صلاة كذا وكذا؟ قال الأنصاري في منامه: نعم. قال: فاجعلوها خمساً
وعشرين، خمساً وعشرين، واجعلوا فيها التهليل. فلما أصبح غدا على النبي - صلى الله عليه
وسلم - فأخبره، فقال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : فافعلوا)).
تفسير ابن كثير (7/ 410) ورواه البخاري ومسلم وبقية الجماعة، من حديث
إسماعيل، به. وقوله: { وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ } أي: فصل له، كقوله: { وَمِنَ
اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا
مَحْمُودًا } [ الإسراء: 79 }وَأَدْبَارَ السُّجُودِ
} قال ابن أبي نَجِيح، عن مجاهد، عن ابن عباس: هو التسبيح بعد الصلاة.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar