Rabu, 24 Mei 2017

dalil Dzikir setelah sholat

بسم الله الرحمن الرحيم

 Ada sebagian orang menjadi imam namun mereka tidak dzikir setelah sholat bahkan ada yang berdoa pun tidak

Pertanyaan: bagaimana sebenarnya hukum dzikir setelah sholat, adakah dalilnya?
Jawab:

Orang yang tidak dzikir setelah sholat bisa jadi orang karena malas atau tidak hapal. Dzikir setelah sholat meskipun bukan ibadah wajib namun dzikir itu sunnah karena ada perintah dari Rasulullah. Banyak sekali dalil yang menunjukkan kesunnahan dzikir setelah sholat:

Dalam kitab shohihaini (Bukhori & Muslim)
عن أبي هريرة أنه قال: جاء فقراء المهاجرين فقالوا: يا رسول الله، ذهب أهل الدثور بالدرجات العُلَى والنعيم المقيم. فقال: "وما ذاك؟" قالوا: يصلون كما نصلي، ويصومون كما نصوم، ويتصدقون ولا نتصدق، ويعتقون ولا نعتق! قال: "أفلا أعلمكم شيئًا إذا فعلتموه سبقتم من بعدكم، ولا يكون أحد أفضل منكم إلا من فعل مثل ما فعلتم؟ تسبحون وتحمدون وتكبرون دبر كل صلاة ثلاثًا وثلاثين". قال: فقالوا: يا رسول الله، سمع إخواننا أهل الأموال بما فعلنا، ففعلوا مثله. قال: "ذلك فضل الله يؤتيه من يشاء"

Diriwayatkan dari Abi Hurairah beliau berkata bahwa orang-orang fakir dari kaum muhajirin datang kepada Rasulullah dan berkata: “wahai Rasulullah ahluddutsur (orang-orang kaya) telah pergi dengan derajat yang tinggi dan nikmat yang tetap.

Lantas Rasulullah bertanya “apa itu?” orang-orang fakir tadi menjawab: mereka (orang-orang kaya) sholat sebagaimana kami sholat, mereka puasa sebagaimana kami puasa, (tapi) mereka bersedekah sedangkan kami tidak dapat bersedekah, mereka bisa memerdekakan budak dan kami tidak dapat memerdekakan budak.

Lalu Rasulullah bersabda: “maukah kalian aku ajarkan sesuatu yang kalau kalian lakukan kalian akan mendahului orang-orang setelah kalian dan tidak ada seorangpun yang lebih utama dari pada kalian kecuali bila mereka melakukan seperti apa yang kalian lakukan? Bacalah tasbih, tahmid, dan takbir setiap selesai sholat sebanyak tiga puluh tiga” lalu orang-orang fakir tadi bertanya lagi: “wahai Rasulullah, saudara-saudara kami yang kaya telah mendengar amalan yang telah kami amalkan?” lantas Rasulullah bersabda: “itu adalah anugerah Allah kepada siapa yang dikehendaki-Nya”

Kiranya dalil di atas sudah bisa dipahami bagi orang yang berakal sehat, betapa besarnya pahala yang Allah sediakan bagi mereka yang berdzikir sehabis sholat.

Sedangkan mereka yang tidak berdzikir ada dua kemungkinan:

1.      Karena mereka tidak tahu dalil tentang dzikir setelah sholat lantas mereka menafikan dan mengatakan bahwa dzikir setelah sholat itu bid’ah
2.      Mereka pernah membaca sebagian riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah pernah tidak dzikir setelah sholat, akan tetapi sayangnya mereka tidak pernah belajar lagi. Seandainya mereka mau belajar lagi insya Allah mereka akan menemukan dalil yang banyak tentang dzikir setelah sholat.

جامع الأصول في أحاديث الرسول - (ج 4 / ص 220)
2195 - (س ) زيد بن ثابت - رضي الله عنه - :قال : «أُمِرُوا أن يُسَبِّحوا دُبُرَ كلِّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثينَ ، ويَحمَدوا ثلاثا وثلاثِينَ ، ويُكبروا أَربعا وثلاثينَ ، فَأُرِيَ رَجُلٌ مِنَ الأنصار في مَنَامِهِ ، قيل: أَمَرَكُمْ رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- أن تُسَبِّحُوا دُبُرَ كُلِّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثين، وتَحمَدُوا ثلاثا وثلاثينَ ، وتُكبروا أَربعا وثلاثين ؟ قال : نعم ، قال : فاجعَلوها خمسا وعشرين ، واجعلوا فيها التَّهْليل ، فلمَّا أصبَحَ أَتى النبيَّ -صلى الله عليه وسلم- ، فَذكرَ ذلك لَهُ ، قال :-[221]- فاجعلوها كذلك».أخرجه النسائي .
مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح - (ج 3 / ص 331)
980-(15) وعن زيد بن ثابت، قال: ((أمرنا أن نسبح في دبر كل صلاة ثلاثاً وثلاثين، ونحمد ثلاثاً وثلاثين، ونكبر أربعاً وثلاثين، فأتى رجل في المنام من الأنصار، فقيل له: أمركم رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أن تسبحوا في دبر كل صلاة كذا وكذا؟ قال الأنصاري في منامه: نعم. قال: فاجعلوها خمساً وعشرين، خمساً وعشرين، واجعلوا فيها التهليل. فلما أصبح غدا على النبي - صلى الله عليه وسلم - فأخبره، فقال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : فافعلوا)).
تفسير ابن كثير (7/  410) ورواه البخاري ومسلم وبقية الجماعة، من حديث إسماعيل، به. وقوله: { وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ } أي: فصل له، كقوله: { وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا } [ الإسراء: 79  }وَأَدْبَارَ السُّجُودِ } قال ابن أبي نَجِيح، عن مجاهد، عن ابن عباس: هو التسبيح بعد الصلاة.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penjelasan tentang birrul walidain (berbuat baik kepada kedua orang tua)

بسم الله الرحمن الرحيم { وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِن...