Rabu, 24 Mei 2017

kisah - Nabi Ibrahim diuji malaikat Jibril



Kisah Nabi Ibrahim alaihissalam diuji Malaikat Jibril alaihissalam
Ketika Allah Menjadikan Nabi Ibrahim alaihissalam sebagai kekasih-Nya, para malaikat bertanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

“Bagaimana dia (Nabi Ibrahim alaihissalam) bisa menjadi kekasih-Mu, sedangkan dia memiliki harta, anak, dan istri?”

Allah subhanahu wa ta’ala, Menjawab “Janganlah kalian melihat pada rupa hamba-Ku dan bukan pula pada hartanya, tapi lihatlah pada hati dan amalnya. Tidaklah dalam hati kekasih-Ku ada cinta kepada selain Aku. Jika kalian mau, pergilah kepadanya dan ujilah dia”

Lalu datanglah Malaikat Jibril alaihissalam as, dengan menyamar menjadi seorang manusia untuk menguji Nabi Ibrahim alaihissalam as.

Nabi Ibrahim alaihissalam memiliki dua belas ribu anjing untuk berburu dan menjaga domba-dombanya. Bisa kita bayangkan betapa banyak domba yang dimiliki beliau dengan anjing penjaganya yang amat banyak.

Setiap anjing itu dipakaikan kalung yang terbuat dari emas untuk mengingatkan bahwa dunia itu najis, dan sesuatu yang najis hanya pantas untuk sesuatu yang najis.

Ketika Nabi Ibrahim alaihissalam sedang berada di sebuah anak bukit yang tinggi, Malaikat Jibril alaihissalam, yang menyamar menjadi seorang manusia datang dan mengucapkan salam sedangkan Nabi Ibrahim alaihissalam tidak tahu kalau itu adalah Malaikat Jibril alaihissalam.

Malaikat Jibril alaihissalam yang menyamar bertanya “milik siapakah ini (anjing dan domba)?”

Nabi Ibrahim alaihissalam menjawab “milik Allah, tetapi sekarang sedang berada dalam genggamanku”

Malaikat Jibril alaihissalam berkata “sedekahkanlah kepadaku satu domba”

Nabi Ibrahim alaihissalam menjawab “ucapkanlah nama Allah dan ambillah sepertiganya”

Malaikat Jibril alaihissalam pun menjawab dengan menyebut “سبوح قدوس ربنا ورب الملائكة والروح

Nabi Ibrahim alaihissalam berkata lagi “ucapkanlah untuk kedua kalinya dan ambillah setengahnya”

Malaikat Jibril alaihissalam menjawab “سبوح قدوس ربنا ورب الملائكة والروح

Nabi Ibrahim alaihissalam berkata lagi “ucapkanlah untuk yang ketiga kalinya, lalu ambillah seluruhnya beserta pengembalanya dan anjingnya”

Lalu Malaikat Jibril alaihissalam pun mengucapkan untuk yang ketiga kalinya.

Nabi Ibrahim alaihissalam berkata lagi “ucapkanlah untuk yang ke empat kalinya, maka aku akan mengakui diriku sebagai budakmu”

Lalu Malaikat Jibril alaihissalam pun mengucapkan untuk yang ke empat kalinya.

Allah subhanahu wa ta’ala, Berfirman kepada Malaikat Jibril alaihissalam “bagaimana kau melihat kekasih-Ku”

Malaikat Jibril alaihissalam menjawa “wahai Tuhan ku, (dia) adalah sebaik-baiknya kekasih”

Nabi Ibrahim alaihissalam lalu memanggil seluruh pengembala kambing “wahai seluruh pengembala domba, giringah domba-domba dibelakang pemiliknya (yang baru) ini, kemanapun dia mau, karena kalian sekarang sudah menjadi miliknya”

Malaikat Jibril alaihissalam lalu memberitahukan siapa dirinya sebenarnya dan berkata “wahai Ibrahim, aku tidak membutuhkan (domba-domba) itu. Aku datang hanya untuk mengujimu”

Nabi Ibrahim alaihissalam lalu menjawa “aku adalah kekasih Allah, aku tidak akan membatalkan apa yang telah aku berikan kepadamu”

Allah Mewahyukan kepada Nabi Ibrahim alaihissalam agar semua domba itu dijual dan uangnya dibelikan perkebunan untuk diwakafkan kepada orang fakir dan orang kaya sampai hari kiamat.

2 komentar:

  1. Mhon dicantumkan refrensinya dari kitab apa, jazakallahu khairan katsiro

    BalasHapus

Penjelasan tentang birrul walidain (berbuat baik kepada kedua orang tua)

بسم الله الرحمن الرحيم { وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِن...